Masing-masing dari diri kita adalah social media marketing untuk produk yang kita miliki. Kerabat atau orang-orang terdekat pasti akan lebih mempercayai produk milik kita bila kita sendiri telah mencobanya dan kitalah yang mempromosikannya, meski nantinya kita juga bakal membutuhkan orang lain untuk mempromosikan produk tersebut. 

Nah, untuk itu mari kita simak apa hal yang harus kita lakukan sebagai social media marketing.

1.Ciptakan Brand-mu

Brand merupakan sesuatu yang sangat penting, mengingat dari brand lah sesuatu itu akan diingat. Jika ingin dikenal sebagai seorang motivator bisnis, maka mulailah gencar mem-branding diri dalam melakukan misi sebagai Motivator. Intinya ingin sebagai apa engkau dikenal oleh orang lain. Maka mulailah fokus pada hal tersebut.

2. Mudah berbagi informasi

Untuk berbagi informasi tidaklah harus menunggu kita menjadi orang ternama dulu, sejak dini selalu lah berbagi hal-hal yang informatif dan membuat orang lain menganggap kita adalah orang yang bermanfaat.

Ubahlah pemikiran pesimis yang selalu merasa kita tidak berhak memberikan pendapat padahal kita mampu, di luar sana banyak orang yang membutuhkan nasihat serta saran dari kita. Maka, tebarkan informasi, saran-saran yang membangun untuk sekitar.

3. Tentukan Target Followers

Target followers ini sangat penting dalam Social Media Marketing, agar produk yang dipasarkan tepat sasaran. Jika menjual produk baju bayi tentu target follower-snya adalah perempuan yang telah menikah dan memiliki anak.

4. Fokus pada Prime time Social Media

Pengguna social media pasti memiliki waktu prime time, misalnya saat jam makan siang, akan banyak sekali orang yang menggunakan jam istirahatnya sekalian ngecek social media miliknya, entah itu Instargram, Facebook atau bahkan Twitter. Dalam dalam hal Social Media Marketing sudah sepatutnya teliti waktu-waktu kapan yang diprediksikan followers akan melihat konten yang diposting. Dengan begitu konten akan tepat sasaran sesuai dengan prime time yang digunakan.

5. Konsisten

Nah, konsisten ini adalah hal yang sebenarnya sulit untuk dilakukan tapi bisa dilaksanakan asal benar-benar niat menjalankan. Saat konsisten memposting konten pada jam tertentu maka konsistenlah untuk melakukannya sesuai jadwal yang ditetapkan. Karena konten yang diposting setiap hari akan mendatangkan followers setiap hari pula. Dan akan membuat followers merasa social media yang kita jalankan memang selalu aktif dan produktif.